Laporan Socket Programming dengan UDP pada Pertemuan 6

Modul 5 
Pemrograman Socket dengan UDP

Dasar Teori
mekanisme yang memungkinkan terjadinya pertukaran data antar program atau proses baik dalam satu mesin maupun antar mesin. User Datagram Protocol (UDP) merupakan connectionless protocol yang cocok/ sesuai untuk aplikasi yang membutuhkan komunikasi yang efisien yang tidak memperhatikan packet loss. Untuk membuat sebuah aplikasi client-server dengan menggunakan protokol UDP terdapat beberapa langkah dasar yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut.

Langkah – langkah dasar di client :
(a) Membuka koneksi client ke server, yang di dalamnya adalah :
        ▪ Membuat socket dengan perintah socket()
        ▪ melakukan pengalamatan ke server.
        ▪ Menghubungi server dengan connect()
(b) Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah sendto() dan recvfrom()
(c) Menutup hubungan dengan perintah close();

Langkah – langkah dasar di server :
(a) Membuat socket dengan perintah socket()
(b) Mengikatkan socket kepada sebuah alamat network dengan perintah bind()
(c) Melakukan komunikasi (mengirim dan menerima data), dengan menggunakan perintah sendto() dan recvfrom()

Percobaan
program 1
a. program server










b. program client











pada program ini server harus dijalankan terlebih dahulu agar dari pesan dari client dapat ditampilkan menggunakan port yang sama, pesan yang ditampilkan hanya print data saja.

program 2
a. program server













b. program client




pada program ini ada perbedaan di pesan yang dikirim dari client yang berbentuk IP sama prinsip dari program diatas itu saling ping dari client ke server dan server merespon dalam tampilan waktu, tanggal, bulan dan tahun.


Latihan
1. Modifikasi udp_server2.py dan udp_client2.py menjadi server yang mengirimkan informasi waktu ke client
























2. Buatlah program client dan server dimana client dapat menerima pertanyaan dari server dan mengirimkan kembali jawaban dari user ke server (seperti latihan tcp). Port ditentukan melalui argument command line.




















3. Buatlah program client dan server dimana server menyediakan layanan perhitungan luas bangun datar (persegi, persegi panjang, segitiga), client dapat memilih jenis bangun datar dan mengirimkan informasi ukuran (sisi untuk persegi, panjang dan luas untuk persegi panjang dan segitiga) untuk perhitungan, kemudian menampilkan hasil dari server.
































4. Buatlah program dimana client mengirimkan username dan password ke server, kemudian di sisi server dilakukan apakah username dan password yang dikirimkan oleh client valid atau tidak. Jika valid maka server akan merespon dengan mengirimkan konfirmasi bahwa login berhasil dengan menggunakan protocol UDP



Comments

Popular posts from this blog

Praktikum 15 - Threat Modeling

Pertemuan 12 Socket Programming Gui dengan Python